Ooyala, Social TV Baru Di Facebook



Anda pasti sudah terbiasa dengan istilah sosial media, sosial game
dan terutama jejaring sosial. Bahkan bukan tidak mungkin Anda memiliki lebih dari satu akun di jejaring sosial yang banyak
ditawarkan.

Akan tetapi tahukah Anda tentang sosial TV? Bagaimana kegunaannya?
Apa manfaatnya? Apakah Anda memerlukannya? Inilah yang coba ditawarkan Ooyala,
sosial TV baru yang bekerjasama dengan Facebook sebagai sarana
medianya.

Sesuai dengan namanya, sosial TV merupakan sebuah fitur yang
memungkinkan penggunanya untuk berbagi video, melakukan live-chat
sembari melihat-lihat konten video, dan pencarian konten tertentu,
semuanya pada layar dan gadget yang bermacam-macam.

Dikatakan sosial karena fitur ini ditawarkan pada situs jejaring
sosial, dengan pengguna yang sudah eksis sebelumnya. Sudah tentu
platform jejaring sosial lebih user friendly untuk digunakan
berinteraksi diantara penggunanya. Lain jika dibandingkan dengan situs
video hosting seperti YouTube dan lainnya.

Dan alasan Ooyala menggaet Facebook tentu saja karena eksistensi
situs ini sebagai situs jejaring sosial dengan pengguna unik paling banyak di dunia. Langkah
selanjutnya dirasa cukup mudah bagi Ooyala untuk mempromosikan produknya
yang diklaim mampu menyuguhkan gambar dengan kualitas HD, kepada para
Facebooker.

Ooyala menawarkan penggunanya, konten yang tersedia dan tersambung
dengan sambungan televisi Anda, sarana mobile lain maupun web browser.
Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh pengguna antara lain:

- Pencarian konten yang relevan dengan circle atau kontak
sosial Anda

- Berbagi konten yang Anda tonton dan sukai, dan kemudian
Anda juga bisa “menyewakan” pada teman Anda yang ingin menontonnya

- Chat secara real-time sembari melihat konten yang
ditawarkan

- Membeli akses ke konten dengan Facebook Credits, Pay Pal,
kartu kredit atau bahkan nomer handphone Anda

Tetapi apakah produk ini cukup menarik minat Facebooker untuk
memanfaatkannya? Sebelumnya sudah menjadi issue apakah sosial media dapat menggantikan fungsi televisi. Dan apakah
dengan adanya penawaran ini, semakin memantapkan sosial media sebagai
pengganti televisi?

Sebuah konsep yang cukup membingungkan dengan istilah sosial TV yang
digunakan. Karena sebenarnya hampir tidak jauh berbeda dengan konsep
YouTube, dan pengaplikasian di Facebooknya hampir mirip dengan sharing video YouTube di Hangout Google+.

Akan tetapi dengan sedikit tambahan fitur disana-sini, tidak ada
salahnya Ooyala menyemarakkan dunia sosial media. Dan bagi Facebook,
fitur ini dapat digunakan sebagai senjata untuk bersaing dengan Google+
juga. Bagaimana menurut Anda?


EmoticonEmoticon